Meningkatkan Penjualan Secara Online

Setelah website atau toko online Anda telah berjalan dengan baik maka langkah selanjutnya adalah mengarahkan pengunjung ke situs Anda tersebut. Orang-orang yang membutuhkan produk Anda kemungkinan besar akan membeli dari situs Anda, tapi mungkin beberapa dari mereka tidak jadi membeli dari Anda.

Lalu akan timbul pertanyaan dalam diri Anda, kenapa pengunjung tertarget yang tidak jadi membeli produk yang Anda tawarkan? Bisa saja mereka tidak jadi membeli dari Anda karena situs Anda belum memiliki reputasi yang baik, belum ada testimoni dari pembeli, penawaran kurang menarik, harga terlalu tinggi, dan lain-lain.

Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan penjualan produk Anda secara online tanpa harus bekerja keras untuk meningkatkan pengunjung situs Anda:

1. Berikan sentuhan personal pada situs Anda

Banyak pebisnis online yang tidak melakukan ini pada bisnisnya. Mereka menganggap calon konsumen mereka sebagai objek dan lupa bahwa orang yang akan membaca penawarannya adalah manusia yang cerdas dan memiliki emosi.

Akan lebih baik bila kita membuat sentuhan personal pada sales letter atau toko online kita, dan jangan lupa untuk melibatkan emosi calon pelanggan agar mereka mengingat penawaran yang kita berikan.

2. Sertakan testimoni dalam situs Anda

Testimoni dari pembeli yang puasa akan produk yang kita jual akan sangat berpengaruh pada pandangan orang lain akan bisnis kita. Dengan adanya testimoni, orang lain akan lebih percaya dan juga merasa aman untuk melakukan transaksi dengan Anda.


3. Gunakan gambar pada sales page atau toko online

Banyak sekali orang yang cepat merasa bosan ketika membaca tulisan yang panjang. Untuk tetap menjaga perhatian calon pelanggan Anda, kita perlu menambahkan representative visual pada bisnis online kita.

Misalnya: Bila kita menjual sebuah produk kecantikan, akan lebih baik bila kita menjukkan gambar orang yang mengalami perubahan lebih cantik setelah menggunakan produk yang Anda jual.

4. Tawarkan bonus yang menarik

Banyak calon konsumen yang memutuskan untuk membeli karena mereka tertarik dengan bonus yang kita tawarkan karena mereka merasa kesempatan untuk mendapatkan bonus itu sayang untuk dilewatkan.

Berikan bonus yang memang menarik untuk calon pelanggan dan jangan lupa untuk memberitahukan value dari bonus yang akan mereka dapatkan bila membeli produk Anda.

5. Pastikan Anda membuat link "call to action"

Setelah melakukan 4 tips di atas langkah yang terakhir yang tidak boleh dilupakan adalah memasang link "call to action" pada penawaran Anda. Berikan instruksi yang jelas pada calon pelanggan Anda bagaimana cara membeli produk yang Anda tawarkan.

Kita bisa membuat link dengan tulisan "klik di sini untuk membeli sekarang" atau "beli sekarang dan dapatkan bonusnya" dan lain-lain. Dengan membuat halaman penawaran dan call to action yang baik maka dapat dipastikan bahwa rasio penjualan Anda akan semakin meningkat.