Sebenarnya, Apa Itu Internet Marketing?
12:45 AM
Mungkin selama ini pemahaman kita
tentang internet marketing itu adalah jualan lewat internet. Sebenarnya
itu tidak salah karena kalau dilihat dari definisinya, internet
marketing itu adalah pemasaran secara online melalui internet. Nah,
kalau kita sudah bicara pemasaran, berarti itu bukan hanya penjualan
tapi juga termasuk promosi, branding, dan membina hubungan dengan
pelanggan yang dilakukan secara online.
Lalu, apa gunanya kita melakukan
internet marketing (pemasaran online)? Tentunya setiap pebisnis – baik
itu pemilik bisnis offline maupun pemilik bisnis online – pasti ingin
meningkatkan hasil penjualan mereka atau ingin membuat brand mereka
lebih terkenal lagi. Nah, internet adalah salah satu media yang paling
baik untuk memberikan informasi kepada pengguna internet (netter)
tentang bisnis mereka, dan juga sebagai media untuk menjual produk yang
mereka miliki.
Agar memudahkan kita untuk lebih
mengerti tentang internet marketing, saya akan coba menjelaskan dengan
cara lebih sederhana dan memberikan beberapa contoh bentuk internet
marketing yang biasa dilakukan oleh para internet marketer. Bentuk
internet marketing itu bisa kita bagi menjadi 2 bagian, yaitu sebagai Sumber Penghasilan, dan Cara Promosi. Yang dilakukan dalam internet marketing sebenarnya hanya dua itu, namun type bisnisnya sangat banyak.
Berikut ini adalah penjelasan lebih sederhana tentang internet marketing:
I. Internet Marketing Untuk Sumber Penghasilan (Source of Income)
Saat ini, Internet sudah menjadi salah
satu gaya hidup masyarakat di Indonesia, terutama bagi mereka yang
memiliki gadget dengan teknologi terbaru seperti, smartphone, tablet,
dan laptop. Coba perhatikan sekitar Anda, hampir semua orang sudah punya
smartphone, bahkan tukang siomay pun sudah punya BlackBerry supaya bisa
langsung promosi siomay dagangannya. Tinggal Broad Cast, promosinya
sampai ke pelanggannya yang juga punya BlackBerry, siomaynya laku keras
deh hehehe.
Menjalankan internet marketing untuk
mendapatkan penghasilan bisa dilakukan dengan beberapa type bisnis,
diantaranya adalah PPC (Pay Per Click), PPS (Pay Per Sale), PPL (Pay Per
Lead), menjual produk sendiri, dan bisnis pelelangan secara online.
1. PPC (Pay Per Click)
Program PPC (Pay Per Click) banyak
dilakukan oleh pemiliki website/ blog untuk mendapatkan penghasilan dari
situs mereka. Penghasilan yang didapatkan dari program PPC ini adalah
berasal dari klik yang dilakukan oleh visitor/ pengunjung yang tertarik
pada sebuah iklan yang ada di situs tersebut. Publisher atau pemilik
situs tersebut akan dibayar per klik yang dilakukan oleh pengunjung
situsnya, dimana harga per kliknya sudah ditentukan terlebih dahulu oleh
Advertiser/ pengiklan. Besar penghasilan tergantung pada banyaknya klik
iklan dan juga harga klik yang di bid oleh Advertiser.
Beberapa perusahaan yang menawarkan program PPC diantaranya:
- Google Adsense
- Bidvertiser
- Chitika
- Infolinks
- Kumpul Blogger
- Sitti
- ID Blog Network
- AdsenseCamp
- KlikSaya
- Dan lain-lain
Dari namanya saja kita mungkin bisa
mengerti tentang program ini. Kita akan dibayar setiap kali terjadi
pembelian produk yang berasal dari link affiliasi milik kita. Besarnya
penghasilan sangat tergantung pada banyaknya barang yang dijual, dan
juga rate persentase komisi dari pemilik barang tersebut.
Perusahaan yang menawarkan program PPS diantaranya:
- Amazon.com
- Clickbank.com
- Dan lain-lain
Ini adalah program affiliasi dimana
penjual/ vendor akan memberikan komisi setiap kali kita berhasil
mengirimkan leads pada penjual/ vendor. Misalnya kita mengarahkan
pengguna internet untuk mendaftar pada email newsletter, free trial,
atau mengisi formulir, melalui link affiliasi milik kita. Salah satu
perusahaan yang menawarkan program PPL adalah MaxBounty.com.
4. Menjual Produk Sendiri
Sekarang ini, menjual sesuatu lewat
internet bukanlah sesuatu yang luar biasa. Kita bisa menjual apapun
lewat internet baik itu produk berbentuk fisik ataupun berbentuk
digital. Selain itu, bisnis offline kita bisa juga dipasarkan melalui
internet. Misalnya kita punya usaha jualan bawang goreng, jual saja
lewat internet, pasti ada yang beli
5. Pelelangan (Online Auction)
Di internet juga ada tempat untuk
menjual sesuatu milik kita atau milik orang lain yang kita bantu
jualkan, dengan cara lelang. Tentunya ini bisa menguntungkan karena kita
bisa menjual barang kita tersebut pada orang yang menawar dengan harga
tertinggi.
Perusahaan terkenal yang menyediakan fasilitas pelelangan online:
- eBay.com
- Flippa.com
- Dan lain-lain
II. Internet Marketing Untuk Promosi Online (Traffic Generation)
Seperti yang sudah disebutkan di awal
artikel, promosi online adalah salah satu bentuk dari internet
marketing. Tidak perduli produk atau bisnis apa yang mau dipromosikan,
internet adalah salah satu media yang sangat efektif untuk membangun
brand dan membuat website bisnis kita dikenal banyak orang.
Ada banyak cara untuk mempromosikan
bisnis melalui media internet, diantaranya adalah melalui SEO (Search
Engine Optimization), melalui PPC Advertising (Beriklan PPC), Email
Marketing, Mobile Advertising, dan Social Media Marketing.
1. PPC Advertising (PPC Ads)
Berbeda dengan program PPC untuk
publisher, program PPC Ads ini ditujukan bagi para Advertiser/ pengiklan
yang ingin mempromosikan bisnis mereka. Dalam hal ini kita sebagai
pengiklan harus mengeluarkan uang agar pihak perusahaan penyelenggara
PPC Ads menampilkan iklan kita di jaringan situs publisher mereka. Tentu
saja kita bisa mengatur harga iklan yang sesuai dengan budget yang ada.
Beberapa perusahaan yang menawarkan program ini adalah:
- Google Adwords
- Yahoo Advertising
- MSN Advertising Center
- Kumpul Blogger
- Sitti
- ID Blog Network
- AdsenseCamp
- Dan lain-lain
SEO adalah bentuk promosi online yang
sangat saya sukai karena gratis. Namun, SEO membutuhkan keahlian khusus,
membutuhkan proses dengan waktu yang tidak sebentar. Itulah sebabnya
ada banyak pemilik website yang rela mengeluarkan uang untuk menyewa
jasa SEO untuk membuat situs bisnis mereka masuk dalam halaman utama
hasil pencarian search engine.
3. Email Marketing
Sesuai dengan namanya, email marketing
adalah proses pemasaran produk atau jasa dengan menggunakan email
sebagai alat bantu. Email marketing ini juga bermacam-macam jenisnya,
ada direct email, retention email, dan beriklan di email orang lain.
Marketing melalui email biasanya sangat efektif karena promosi atau
sales letter bisa langsung dikirimkan kepada pemilik akun email
tersebut.
Catatan penting yang harus diingat
adalah kita tidak boleh melakukan SPAM karena akan mengganggu orang
lain, dan tentunya akan merugikan kita sendiri karena si pemilik email
bisa melakukan unscribe atau memasukkan email kita ke dalam daftar
SPAMMER.
4. Mobile Advertising
Mobile advertising adalah, layanan
pengiklanan melalui perangkat mobile. Pengguna smartphone saat ini sudah
banyak sekali, dan biasanya ponsel mereka dibawa kemanapun pergi.
Inilah yang membuat mobile advertising sangat efektif untuk media
promosi bisnis. Beberapa model mobile ads adalah melalui SMS, MMS,
Banner Ads, Games, dan lain-lain.
5. Social Media Marketing
Sama halnya dengan SEO, promosi online
dengan menggunakan social media dapat dilakukan dengan gratis. Seperti
yang kita ketahui, pengguna situs media sosial seperti Facebook,
Twitter, Google+, dan YouTube, jumlahnya sudah sangat banyak. Dan ini
adalah media promosi yang sangat efektif untuk memasarkan produk apa
saja melalui internet.
6. Pemasaran Melalui Forum
Saat ini sudah ada banyak sekali
forum-forum yang dibuat khusus untuk membahas topik-topik tertentu.
Contohnya adalah Kaskus.co.id. Forum ini membahas berbagai topik mulai
dari politik, bisnis, nasional, dan masih banyak lagi. Salah satu sub
forum di Kaskus khusus untuk para pedagang online yang ingin memasarkan
produk mereka melalui Kaskus. Selain Kaskus, masih ada beberapa forum
lagi yang bisa digunakan sebagai media pemasaran online, akan dibahas di
artikel lain.
Demikianlah sedikit penjelasan mengenai
apa itu internet marketing, dan media-media yang bisa dimanfaatkan untuk
pemasaran online. Memang ada banyak cara untuk melakukan internet
marketing, namun kita tidak perlu melakukan semuanya karena tidak semua
metode pemasaran bisa berhasil kita kerjakan. Karena itu, pilihlah
beberapa saja yang memang efektif dan cocok untuk memasarkan produk atau
jasa yang ingin dipromosikan. Terimakasih sudah membaca artikel saya,
semoga ini bisa sedikit membantu
0 komentar: